LRT dan Impian Membuat Jakarta Punya Gaya Hidup Baru Layaknya di Tokyo

Published by admin on

Sebentar lagi Jakarta akan memiliki moda transportasi modern layaknya kota-kota besar di dunia, salah satunya yaitu Light Rapid Transportation (LRT). Rencananya untuk LRT Jakarta tahap pertama rute Velodrome – Kelapa Gading sudah dapat digunakan mulai Desember 2018. Dan tahap selanjutnya Cawang – Cibubur direncanakan selesai pertengahan tahun 2019. Jika semua LRT Jabodetabek tersambung, semua moda transportasi bakal terintegrasi dengan MRT, Transjakarta, Kereta Bandara, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan lainnya.

LRT Jakarta direncanakan terdiri dari 2 atau 3 set light rail vehicle (LRV) atau membawa 4 hingga 6 gerbong dalam satu rangkaian. Direktur Proyek LRT Jakarta Allan Tandiono mengatakan, apabila dengan membawa 6 gerbong, LRT bisa mengangkut 810 penumpang saat sekali jalan.

Keberadaan dan koneksi antar moda transportasi baru ini adalah bagian dari solusi pemerintah untuk membuat Jakarta anti macet. Sehingga kedepannya hal ini diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat di Ibu Kota untuk meninggalkan angkutan pribadi. Tidak jauh seperti yang ada di Tokyo, Jepang. Dimana transportasi sudah menjadi bagian dari sebuah gaya hidup disana.

Harga sewa apartemen atau tempat tinggal yang mahal di Tokyo membuat sebagian masyarakat disana harus berpindah ke kota-kota yang berada di pinggiran. Tentu situasi yang tidak terlalu berbeda dengan kondisi di Jakarta sekarang, bedanya dari kota-kota pinggiran Jakarta belum ada moda transportasi yang mendukung. Saat ini hanya ada 3 pilihan yang dapat dipilih, Commuter line, TransBodetabek, dan Bus Antar Kota, dimana 2 diantaranya masih harus melalui jalur yang sama dengan jalur transportasi pribadi dan masih merasakan macet. Sementara jalur Commuter Line belum bisa mencakup keseluruhan tempat masyarakat, sehingga jarak rumah ke stasiun masih jadi masalah kebanyakan orang untuk tidak naik transportasi umum.

Situasi yang sangat berbeda di Tokyo, dimana sistem kereta dan subway yang sangat terintegrasi. Di Tokyo contohnya, hampir setiap sudut kotanya telah dilalui oleh subway atau kereta sehingga pejalan kaki pun dapat dengan cepat menjangkau stasiun terdekat dari tempat tinggal. Untuk menunjang hal ini, sekarang ada banyak sekali konsep apartemen atau perumahan dengan konsep TOD (Transit Oriented Development). Apa itu TOD? Untuk lebih detailnya Anda bisa ke artikel berikut ini.

Sakura Garden City adalah salah satu proyek Apartemen dengan konsep TOD dan akan terintegrasi dengan LRT Ciracas. Untuk ke stasiun LRT nantinya Anda hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 10 menit, tentu hal ini akan memangkas waktu total perjalanan dari rumah ke kantor dan juga sebaliknya. Sakura Garden City juga mengharapkan dapat menciptakan gaya hidup baru dengan konsep Superblock.

Categories: Article

Translate
footer02
OUR MARKETING GALLERY
Jl Bina Marga No 88, Jakarta Timur 13820
Tel: (021) 22-77-9999 / Fax: (021) 28-672-777
Email: info@sakuragardencity.com
NEWSLETTER

New updates, information or new news?
Enter your email below to get access to be our priority.

© 2018 Sakura Garden City. All rights reserved.

IMPORTANT INFORMATION

PT Sayana Integra Property (Sakura Garden City) is not responsible for any form of fraud or other criminal acts on behalf of our management. Customers are encouraged to double check before making a transaction. If you receive a suspicious offer, please contact the Sakura Garden City team at (021) 22779999.